Halaman

Mari cari solusi bersama, saling berbagi pengetahuan tentang berbagai masalah yang terjadi disekitar kita dan solusi pemecahannya.

Punya Masalah Ketombe? Ini Solusinya


 
Mengalami masalah kulit kepala kering atau berminyak yang menyebabkan ketombe? Mungkin tips berikut dapat Anda terapkan untuk menghilangkan ketombe di kepala Anda secara alami:
 
1. Cuka putih
Cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih.
Anda juga dapat mencuci rambut Anda dengan satu sendok cuka yang dicampur 3 sendok makan minyak, lalu dibersihkan dengan sampo. Cara ini memberikan efek yang sama baiknya.
2. Soda kue
Basahi sedikit rambut Anda. Ambil segenggam soda kue dan gosokkan kulit kepala Anda dengan soda kue tersebut. Kemudian bilas dengan baik sehingga semua soda hilang dari rambut Anda. Lakukan hal ini beberapa kali. Pada awalnya, rambut Anda mungkin akan sedikit kering, tapi setelah satu minggu Anda akan melihat perbedaannya. Kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami, membuat rambut Anda lembut kembali dan ketombe Anda akan hilang.
3. Jeruk nipis
Siramkan 2 sdm air jeruk nipis di kepala Anda. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala Anda. Ambil segelas air dan tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, lalu siramkanlah ke rambut Anda. Bilaslah dengan air setelah beberapa menit. Kepala Anda akan berbau harum dan segar lemon dan ketombe Anda pun menghilang. Ulangi beberapa kali sampai ketombe Anda benar-benar hilang.
4. Garam
Ambil garam meja ketika Anda akan mencuci rambut Anda. Taburkan dan gosok kulit kepala Anda dengan garam. Bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan rambut Anda dengan sampo.
5. Santan kelapa
Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.
  
Manfaat lain dari Santan Kelapa:
Anda tidak ingin rambut penuh ketombe dan uban? Bisa menggunakan santan kelapa, santan kelapa selain enak buat bumbu masak, juga bagus untuk kecantikan dan kesehatan rambut
Manfaat santan kelapa untuk rambut dan kepala:
1. Santan dapat menunda pertumbuhan uban. Tidak jarang ditemui seorang yang rambutnya di penuhi uban, padahal usianya masih tergolong muda atau bukan usia seharusnya. Penyebab tumbuh uban bukan karena faktor usia saja, namun shampoo tidak cocok dan stress bisa menjadi penyebab.
Mengecat rambut bisa di jadikan solusi untuk rambut beruban, namun mencegah selalu jauh lebih baik tentunya. Gunakan santan kelapa untuk menundak kemunculan uban. Tidak hanya menunda, biarpun uban sudah tumbuh pun, dapat di kurangi pertumbuhan dengan santan kelapa
Orang dulu biasanya memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Santan itu akan ditambahkan garam dan diembunkan semalam. Esoknya tinggal dioleskan pada rambut.
Cara untuk cegah uban dan kurangi pertumbuhan uban dengan santan kepala: ialah dengan memarut kelapa tua, lalu memeras untuk mengambil santannya. Dan di tambahkan garam dan di embunkan semalaman, dan esoknya di oleskan pada rambutnya
2. Ketombe merupakan salah satu penyakit kepala yang mengganggu, karena membuat kulit kepala lecet karena gatal. Apalagi bagi kaum wanita, sering garuk kepala karena gatal ketombe bisa mengurangi keanggunannya
Air kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi antibakteri dan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe. Jika dipadu degnan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini akan lebih sempurna. Untuk membuat ramuan sendiri, Anda membutuhkan setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Jika Anda keramas dengan ramuan ini seminggu sekali, ketombe niscaya akan hilang.
3. Melembabkan rambut. Jika rambut kering anda mengganggu, karena memang rambut kering mudah patah. Untuk menangani masalah tersebut, solusinya ialah melembabkan rambut. Nah itulah gunanya air kelapa untuk lembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberi kelembaban.
Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu. Basuhkan ke rambut setiap habis keramas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar